Random Posts

Home Without Label

Manfaat Berpikir bagi Otak



“ Berpikir adalah pekerjaan paling sulit, mungkin itu alasannya mengapa sedikit saja orang yang melakukannya “
_Henri Ford_

Manfaat Berpikir bagi Otak - Pekerjaan berpikir adalah hal mudah, jikalau seandainya kita tak menilainya hal yang sulit, karena pekerjaan tersebut sudah menjadi kebiasaan rutin yang dilakoni ulama ulama terdahulu.  dan sanatlah banyak manfaat berpikir bagi otak. Sehingga banyak dari mereka yang melahirkan inovasi inovasi baru yang manfaatnya banyak telah kita rasakan di hari ini. Begitupun dengan Nabi Muhammad e yang di setiap waktu-nya beliau merutinkan kegiatan yang satu ini, sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Syaikh Thahir bin Shalih al Jazairi dalam kitabnya yang bertajuk : al-Jawahir al-Kalamiah. Dan sebagian ulama berkata dalam kitab al-Syarkawi, bahwa berpikir ( bertafakkur )satu jam, lebih utama dari pada ibadah tujuhpuluh tahun lamanya. Dan ulama kredibel seperti al-Gazali memasukkan kebiasaan tersebut pada kitab beliau al-Bidayah wa al-Nihayah tepatnya di bab pembahasan kegiatan dan doa doa setelah shubuh. Dan karena memang Allah menciptakan langit dan bumi berikut segala isinya agar manusia berpikir seraya mengagungkan eksotisme yang Allah ciptakan.
                Ketika Barack Obama bertemu dengan David Cameron, mereka mendiskusikan tentang kurangnya waktu untuk berpikir “ mereka memenuhi jadwal saya dengan sangat padat “ kata Cameron. Obama menyahut “ yang terpenting dan yang perlu anda lakukan adalah memiliki waktu yang cukup banyak di siang hari, di mana kegiatan yang anda lakukan hanyalah berpikir “. Kedua Pemimpin tersebut sangatlah khawatir terjerat dalam hal-hal detail dan kehilangan waktu untuk berpikir. Apakah mungkin ini juga terjadi pada kita.....?
                Jeff Bezos, CEO Amazon berkata “ untuk berpikir tidak harus kita berdiam anteng, namun bisa juga kita menulis yang darinya akan menjelaskan jalan pikiran kita “ di samping menulis, dengan cara membaca kita juga bisa berpikir, berimajinasi, bernalar dan bertamasya dalam alam pikir kita serta menelurakan ide-ide baru dan kreatif. Begitu sangat pentingnya berpikir bagi kembang tumbuh otak kita. Namaun hanya saja pecandu untuk melakukannya sangat sedikit jumlahnya.
                Jeff Weiner berkata “ kalau anda tidak mengambil waktu bepikir secara proaktif, anda akan menjadi seorang yang maktif terhadap lingkungan, bukannya malah memengaruhi lingkungan.” Maka setidaknya kita harus menjadwalkan waktu untuk kita berpikir, mencari waktu tenang untuk melakukannya. Pagi hari adalah waktu sangat cocok untuk berpikir.
Selamat mencoba!!!
 Aktifis AnnajahSidogiri

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

to Top