Random Posts

Home Without Label

8 Tanda Taubat Diterima


8 Tanda Taubat Diterima - Dalam kesehariannya seorang hamba tak akan pernah sepi dari salah dan dosa. Bagi manusia biasa, dosa seakan menjadi rutinitas yang seakan sulit untuk dihindari dan taka akan bisa menghidar. Manusia hanya bisa berusaha sekiranya mereka bisa meminimalisir kesalahan dan dosa yang mereka lakukan agar setidaknya ia selamat dari kekalnya di dalam neraka.

Allah yang maha pengasih dan maha mengampuni dosa, akan selalu mengampuni dosa yang dilakukan oleh hambanya; dari dosa terkecil sampai dosa yang paling besar seperti zina. Oleh sebab itu, seorang hamba yang berdosa dianjurkan untuk senantiasa meminta ampunan pada Allah dan bertaubat dari dosa-dosa yang mereka kerjakan, agar semua kesalahan dan perbuatan dosa yang dilakukannya, bisa diampuni oleh Allah.

Namun, dalam taubat sendiri ada cara-cara khusus yang harus dilakukan agar taubat yang dilakukan bisa dianggap dan diterima. Taubat yang sudah dilakukan memang terdapat tanda atau ciri-ciri  apakah taubat itu diterima atau malah taubat yang dilakukan tidak diterima dan hanya mengahasilkan kesia-siaan. namun tidak banyak orang yang tahu akan tanda dan ciri-ciri taubat diterima itu. oleh karena itu perlu kiranya penulis beritahukan disini akan tanda akan diterimanya taubat. agar orang-orang bisa tahu apakah taubat mereka diterima atau tidak diterima. Berikut 8 tanda taubat seorang hamba diterima;

1.       Akan menjaga lisannya dari dusta, ghibah, berlebihan dalam berbicara, dan mulutnya selalu disibukkan dengan berzikir dan membaca al-Quran.

2.       Akan menjaga perutnya dari makanan haram dan syubhat, yang hal itu dapat menjauhkan diri dari sang Maha Kuasa.

Seorang yang taubatnya diterima akan selalu waspada dan hati hati dalam sesuatu yang ia ingin mengkonsumsinya. Karena jika tidak, mereka akan terjerumus kedalam perkara syubhat dan haram.


3.       Akan menjaga matanya dari maksiat mata dan melihat dunia dengan pandangan senang tapi melihat dengan pengelihatan ibrah (mengambil teladan).
Seorang yang terbiasa berbuat dosa memang seakan selalu ingin mengulangi perbuatan dosa tersebut, sehingga secara tidak sengaja hal itu terus menjadi karakter. Nah, orang yang sudah bertaubat dan diterima taubatnya akan senantiasa menjaga dirinya dari perbuatan dosa yang pernah ia kerjakan. Cntoh kecilnya adalah maksiat mata.

4.       Akan menjaga tangannya, dan tidak dipergunakan kecuali kepada ketaatan.
Allah menciptakan tangan bagi manusia guna mereka mengunakannya dan memanfaatkannya untuk kebaikan. Namun sayangnya banyak dari manusia yang malah menggunakannya dalam kemaksiatan.

5.       Akan menjaga kakinya, dan tidak dipergunakan kecuali kepada ketaatan.
Kaki adalah salah satu faktor terbesar dalam terjadinya sebuah maksiat. Karna dengan kaki seorang dapat mudah merealisasikan maksiat yang ia ingin kerjakan. Karna sejatinya, jika kaki bisa menolak dan tidak mau berfungsi jika mau digunakan dalam kemaksiatan, barangkali kemaksiatan sangat sedikit yang terjadi

6.       Akan menjaga pendengaranya dan tidak dipergunakan kecuali pada ketaatan.
Ghibah atau yang populer dengan gosip adalah termasuk dosa yang sering dikerjakan oleh manusia. Ghibah sudah dianggap barang remeh, sehingga secara tidak sadar seorang sudah melakukan hal tersebut. dosa ghibah bukan hanya untuk yang ghibah namun juga untuk yang mendengar.

7.       Akan menjaga hatinya, sehingga sifat-sifat tercela akan dikeluarkan dari hatinya, seperti dengki dan lain sebagainya dan diganti dengan sifat-sifat terpuji.

8.       Selalu menjaga amal perbuatannya agar selalu didasari dengan ikhlas kepada Allah.
    banyak kita temukan orang yang rajin beribadah. selalu istiqamah dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. namun kita tidak tahu apakah orang tersebut melakukannya ikhlas dan murni lillahi taala. orang yang bertaubat dan diterima taubatnya akan selalu menjga amal ibadahnya agar senantiasa ikhlas dan lillahi taala.



Baca juga :

1 komentar:

to Top